Perbedaan Blogger.com (Blogspot) Dan Wordpress Self Hosting


Selamat datang di meninblog.com - Apa sih perbedaan blogspot dan wordpress self hosting?.... Pasti itu yang menjadi pertanyaan mu saat akan memulai ngeblog,, kamu bingung mau ngeblog di platform mana, lebih baik ngeblog di blogger.com (blogspot) atau di wordpress self hosting saja?...

Maka dari itu, untuk menjawab pertanyaan mu tersebut, maka kali ini men in blog dot com akan membuat postingan tentang perbedaan blogspot dan wordpress self hosting berdasarkan pengalaman saya menggunakan kedua platform blogging tersebut.

Kita mulai dari yang paling utama dulu yakni biaya yang harus dikeluarkan. Jika kita ngeblog di blogspot tentu saja kita tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun alias gratis selamanya, kecuali jika blogspot mu menggunakan domain tld kamu sendiri seperti domain dot.com, maka kamu harus mengeluarkan biaya untuk domain tersebut setiap tahunnya.

Berbeda jika kita menggunakan wordpress.org atau self hosting. Kita harus mengeluarkan biaya yang lumayan besar setiap bulan atau tahunnya untuk membayar biaya sewa hosting dan juga domain blog tersebut. Misalnya saja kita menggunakan hosting yang murah dengan harga $2 bulan, maka kita harus mengeluarkan $24 setiap tahun atau sekitar 339ribu rupiah jika rate dollar rupiah 14k. Belum lagi harus membayar sewa domain tiap tahunnya, harga domain dot.com di namecheap misalnya adalah per tahun $12. Maka kita setiap tahunnya harus mengeluarkan uang $36 atau sekitar 500k.

Jika blog tersebut sudah menghasilkan uang sih tidak akan menjadi masalah. Tentu membayar sewa domain dan hosting blog self hosting tersebut tidak akan terasa berat. Berbeda jika blog tersebut belum menghasilkan uang sepeserpun ditambah kamu masih belum memiliki pekerjaan di dunia nyata, rasanya membayar biaya sewa domain dan hosting tersebut terasa berat banget. Itu juga yang saya rasakan saat mengelola blog wordpress self hosting. Karena sudah tidak sanggup membayar sewa dan blog yang masih sangat sepi karena tidak tau ilmu SEO, Maka blog tersebut akhirnya saya jual saja dan membuat blog baru lagi di blogspot saja yang gratisan. cukup dengan menyewa domain tld dot.com saja, jadi tidak begitu berat di kantong.

Perbedaan mencolok selanjutnya dari blogspot dan wordpress self hosting adalah di wordpress banyak sekali plugin atau tool yang dapat membantu kita dalam mengelola blog tersebut. Contohnya saja adalah plugin SEO yang dapat membantu dalam meningkatkan SEO off page blog tersebut. Plugin security yang menjaga blog kita dari serangan hacker atau malware dan plugin2 berguna lainnya. Sedangkan di blogspot tidak ada plugin atau alat2 seperti di wordpress.

Perbedaan selanjutnya adalah theme (wordpress) dan template (blogspot). Sebenarnya blogspot dan wordpress self hosting juga memiliki banyak theme/template yang dapat kita gunakan baik itu gratisan ataupun premium. Namun yang menjadi perbedaan dari kedua platform blogging ini adalah ketika ada update theme/template tersebut.... Jika di wordpress kita hanya perlu menekan tombol 'Update/Perbarui' pada theme yang ada pembaruan tersebut, maka otomatis theme tersebut akan langsung menjadi theme dengan versi terbaru tanpa harus mengedit apapun. Sedangkan di blogspot, kita harus mendownload dulu template yang ada pembaruan tersebut dari situs penyedia template tersebut dan menguploadnya lagi ke blogspot kita. Kadang2 kita harus mengedit atau mengkostumisasi lagi template tersebut agar tampilannya sesuai dengan keinginan atau tampilan sebelum template tersebut di update.

Selain itu, theme di wordpress sangat beragam macamnya. Bahkan ada theme untuk marketplace atau toko online. Jadi, kita bisa membuat toko online di wordpress menggunakan theme dan plugin yang memang dikhususkan untuk membuat toko online tersebut. Ada juga theme untuk company profile atau profil perusahaan, theme untuk membuat web streaming film seperti lk21, dan lain sebagainya. Sedangkan template blogspot hanya bisa digunakan untuk blog saja, paling2 template untuk membuat safelink.

Lanjut lagi ke perbedaan yang lainnya, yakni permalink / url postingan. Jika di blogger atau blogspot kita tidak mengubah permalink postingan kita, permalink post di blogspot hanya seperti ini: domain.tld/tahun/bulan/judul-post.html ... Sedangkan di wordpress kita bisa mengubah permalink postingan kita. Ada banyak sekali permalink yang dapat kita pake. contohnya seperti domain.tld/?p=idpost ,, domain.tld/judul-post/ ,, domain.tld/kategori/judul-post/ dan masih banyak lagi, bahkan kita bisa mengkustom permalink sendiri sesuai keinginan kita loh... Namun saya paling suka dengan dengan permalink seperti: domain.tld/judul-post/ .. Dan permalink tersebut juga seperti memang SEO dan banyak para blogger wordpress yang menggunakan permalink tersebut.

Perbedaan antara blogspot dan wordpress yang terakhir menurut saya adalah ketika ada error. Blog di blogspot biasanya tidak pernah mengalami error, bahkan ketika kita mengedit template sekalipun, blog masih tetap bisa di akses, karena kesalahan pengeditan template tersebut tidak akan tersimpan. Sedangkan di wordpress self hosting kadang2 ada masalah pada hosting atau database. Apalagi jika hosting yang kita pake adalah hosting murahan abal2, pasti akan blog wp kita akan sering mengalami error. Padahal jika blog sering error, hal tersebut akan membuat mesin pencari seperti Google membenci kita dan blog tersebut akan terlempar jauh di hasil pencarian.

Pada saat ngeblog di wordpress self hosting dulu, blog WP saya tersebut pernah 2 kali mengalami 'database error connection'. Saya tidak tau masalahnya dimana. Saat itu saya menggunakan vps DigitalOcean dengan panel cyberpanel. Hal yang sering saya lakukan jika terjadi error database tersebut adalah me-restart database nya Dan blog tersebut bisa di akses lagi.

Nah itulah perbedaan blogspot dan wordpress menurut saya. Lalu bagus mana? blogger.com (blogspot) atau wordpress self hosting?... hemm,, menurut saya sih keduanya sama2 bagus. Walaupun di halaman utama hasil pencarian Google lebih banyak blog yang menggunakan platform wordpress self hosting, tapi Banyak juga kok blogger yang sukses menggunakan platform blogging gratisan milik si mbah Google ini, dan postingannya selalu masuk halaman utama atau page one serp Google. Salah satu blogger yang sukses menggunakan platform blogspot ini adalah Mas Timon Adiyoso dengan blognya yang beralamat di mastimon.com, dan masih banyak lagi blogger Indonesia dan dunia yang juga sukses menggunakan blogspot ini. Jadi jangan ragu ngeblog di blogger.com atau blogspot. Cukup sekian.

0 Response to "Perbedaan Blogger.com (Blogspot) Dan Wordpress Self Hosting"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel