Cara Membuat / Install Blog Wordpress Self Hosting

Selamat datang di meninblog.com - Tak lengkap rasanya jika saya hanya menulis tutorial membuat blog di blogspot saja tanpa menulis post cara membuat blog di wordpress. Karena bisa dibilang, wordpress ini adalah pesaing terberat blogspot.

Memang, saat ini ada banyak sekali platform blogging yang bisa kita gunakan untuk ngeblog, namun tak bisa dipungkiri bahwa blogspot dan wordpress adalah dua platform blogging paling populer dan banyak digunakan khususnya di tanah air kita.

Wordpress sendiri mempunyai dua versi yakni versi gratis dan juga versi self hosting atau blog wordpress yang di install di hosting kita sendiri. Untuk membuat blog di wordpress versi gratis sebenarnya sama saja seperti membuat blog di blogspot. Kamu hanya perlu mengunjungi webnya yang beralamat di wordpress.com lalu lakukanlah pendaftaran untuk membuat blog kamu disana.

Sedangkan membuat wordpress versi self hosting juga sebenarnya gampang banget kok. Namun sepertinya masih banyak yang belum tau caranya. Oleh karena itu, di kesempatan kali ini, men in blog akan membuat tutorial cara membuat blog wordpress self hosting khusus untuk kamu yang tidak tau cara install blog wordpress.

Sebelumnya pastikan kamu sudah mempunyai domain dan juga hosting/cpanel atau bisa juga menggunakan vps yang sudah di install control panel seperti #vestacp. Tapi, di post ini saya hanya akan menjelaskan cara install blog wordpress di cpanel saja. Sebenarnya meng-install wordpress di vps juga hampir sama saja caranya seperti di tutorial ini, hanya beda sedikit saja.....

Jika hosting dan domain kamu sudah siap, mari kita mulai instalasi wordpress nya..

Pertama silahkan download dulu file atau script blog wordpress nya jika kamu belum punya. Silahkan download di web resminya di alamat wordpress.org/download.. Download script yang berektensi/format .zip saja ya jangan yang tar.gz. Karena di cpanel tidak bisa mengekstrak file kompresan dengan format .tar.gz tersebut.

Berikutnya silahkan login ke cpanel kamu dengan mengetikan domainmu.tld/cpanel lalu masukkan username dan password cpanelmu lalu login. Setelah login, silahkan gulir kebawah menuju menu Databases dan klik MySQL Database Wizard.

Selanjutnya masukkan atau buat nama database tersebut. Contohnya: bloggue. Maka nanti nama database mu akan seperti ini: usernamecpanel_bloggue lalu klik tombol Next Step

Lalu buatlah username untuk database tersebut. Silahkan masukkan username yang kamu inginkan. Sama saja seperti membuat nama database di atas. Nantinya username database seperti ini: usernamecpanel_userdatabase .. Lalu buatlah password untuk user database tersebut dan klik tombol Create User

Setelah itu gabungkan database dan user databasenya dengan cara menceklis semua pilihan. cukup ceklis ALL PRIVILEGES saja, maka semua pilihan nya akan terceklis lalu klik tombol Next Step

Oke, Membuat database telah selesai. Sekarang silahkan kembali ke halaman awal cpanel kamu, lalu cari File Manager dan klik lah menu tersebut, maka browser mu akan membuka tab baru ke file manager cpanel tersebut.

Di file manager tersebut, silahkan masuk ke folder public_html atau folder dimana domain tersebut berada. Terus klik tombol Upload yang berada di menu atas lalu silahkan upload file atau script wordpress yang telah di download tadi.

Setelah script berhasil di upload, klik file tersebut dan klik tombol Extract di menu atas atau bisa juga dengan mengklik kanan file script wordpress tersebut dan klik Extract.

Script pun berhasil di ekstrak, namun file2 wordpress tersebut tersimpan di folder baru lagi yang bernama wordpress. Agar dapat di akses dan dapat di install ke domain kamu, silahkan pindahkan file2 wordpress tersebut ke folder public_html.. Caranya cukup masuk ke folder wordpress tadi lalu klik Select All dan klik tombol Move di menu atas. Terus hapus /wordpress sehingga hanya menyisakan public_html dan klik Move File(s).

Langkah terkahir adalah melakukan penginstalan wordpress tersebut. Caranya cukup kunjungi domain.tld di browser kamu. Maka nanti akan muncul konfigurasi penginstalan wordpress. Pertama-tama pilihlah bahasa untuk wordpress kamu. Silahkan pilih saja bahasa Indonesia agar lebih mudah dimengerti dan klik Lanjutkan.

Lalu kamu akan diminta untuk memasukkan data2 database yang telah kamu buat tadi. Untuk host database biarkan saja 'localhost' dan Prefiks Tabel biarkan saja seperti itu: 'wp_'. Kamu hanya tinggal memasukkan nama DB, user DB, dan password DB kamu saja. lalu klik Kirim.

Dan terkahir pengaturan wordpress kamu seperti judul blog, nama pengguna /username, password dan email. Silahkan masukkan data yang dibutuhkan tersebut. Untuk email, masukkan lah email yang masih aktif, agar nantinya jika kamu lupa password blog mu tersebut kamu bisa meresetnya ke email tersebut. Lalu username dan password inilah yang dipake untuk masuk ke dashboard blog wordpress kamu nantinya, jadi pastikan membuat username dan password yang mudah di ingat. Pada bagian 'Halangi mesin pencari untuk mengindeks situs ini' jangan di centang/ceklis karena nantinya blogmu tidak akan terindex di mesin pencari. Terkahir tinggal klik tombol Install Wordpress.

Selesai, blog wordpress self hosting sudah berhasil di install ke cpanel kamu. Sekarang buatlah postingan pertama kamu. Happy blogging!!!

0 Response to "Cara Membuat / Install Blog Wordpress Self Hosting"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel