Cara Backup Konten (Postingan) Di Blogger.com atau Blogspot

Selamat datang di meninblog.com - Google sebagai pemilik blogger.com yang menjadi tuan rumah blog kita tentu memiliki hak penuh atas blog kita tersebut.. Jadi, jika Google menghapus blog kita, ya mau gimana lagi. Kita hanya bisa pasrah, karena kita hanya "ngontrak" di layanan blogging mereka.

Itulah resiko nya jika kita membuat blog gratisan di layanan blogging seperti blogger.com. Berbeda halnya jika kita ngeblog di wordpress (wp) self hosting, kita memiliki kuasa penuh atas blog tersebut,, tentu saja asalkan blog wp tersebut tidak membagikan konten yang ilegal. Karena jika blog wp pun membagikan kontent ilegal, bisa saja hosting & domain blog wp tersebut akan disuspend karena alasan DMCA atau sebagainya. Kecuali jika kita menyewa hosting & domain di layanan offshore. Pasti blog wp tersebut akan tahan banting dan aman dari penghapusan atau tersuspend..

Namun tenang saja, Google tidak sejahat itu kok, mereka tidak akan begitu saja menghapus blog2 yang ngontrak di rumahnya.. Mereka hanya akan menghapus blog yang memang melanggar aturan atau persyaratan yang sudah mereka tetapkan. So, jika blogmu tidak melanggar aturan mereka, yaa kamu tidak usah khawatir blog mu dihapus. Toh jikapun blog mu dihapus oleh Google, dan kamu merasa blog tersebut tidak melanggar aturan, kamu bisa mengajukan banding.. Jika blog tersebut memang bersih dari pelanggaran pasti blog tersebut akan di aktifkan kembali.

Tapi untuk berjaga-jaga, lebih baik kita backup saja semua kontent di dalam blog kita... Supaya blog tersebut dapat kita pulihkan kembali jika memang blog tersebut terhapus dari blogger.com dan ajuan banding kita ditolak... Toh gak ada salah dan rugi nya juga kita membackup blog kita sendiri kan?.. Untuk mem backup konten di blogspot dan memulihkan nya kembali sangat lah mudah sekali. Hanya dengan beberapa kali klik saja semuanya akan beres.

Dan jika blog mu tersebut sudah memiliki banyak pengunjung dan kamu ingin pengunjung blog tersebut tidak hilang,, maka blog mu wajib sudah di pasang domain tld sendiri.. Karena jika domain blog mu masih memakai sub domain blogspot, maka sama saja kamu membuat blog baru ketika backup an tersebut di pulihkan ke blog baru kamu, memang isi konten berhasil di pindahkan ke blog baru namun visitor nya tidak, dan kamu harus menunggu postingan nya terindex kembali di google dan harus kamu di optimasi kembali layaknya sebuah blog yang baru lahir..

Berbeda jika sudah memakai domain sendiri, karena domain tersebut juga bisa dipindahkan ke blog baru kamu, jadi visitor juga masih masih mengunjungi blog dengan domain tersebut. Ngerti kan maksud saya?.... Baiklah gak usah lama2 lagi,, bingung saya mau nulis apa lagi. Langsung saja ke inti dari pembahasan ini yaitu cara backup semua konten blog di blogspot..

1.) Kunjungi atau login ke akun blogspot kamu, lalu jika kamu memiliki lebih dari 1 blog maka pilih lah blog yang ingin kamu backup isi konten nya.

2.) Setelah berada di halaman dashboard blog kamu, silahkan klik Setelan => Lainnya => Backup Konten.

3.) Terkahir adalah menyimpan file backupan tersebut ke memori smartphone atau komputer kamu dengan cara klik tombol Simpan ke Komputer. File backupan tersebut akan berformat .xml dengan nama blog-tanggal-backup.. Jadi akan seperti ini: blog-03-29-2019.xml

Nah untuk meng-install atau merestore isi backup tersebut ke blog baru caranya sama seperti di atas. Login ke akun blogger, pilih atau buat blog baru, masuk ke menu Setelan => Lainnya => lalu pilih Impor Konten. lalu klik Saya bukan robot, dan tunggu sampai terceklis atau pilih gambar yang sesuai dan klik tombol Impor dari komputer.. Tunggulah beberapa saat tergantung koneksi dan berapa banyaknya isi konten dalam file backup tersebut...

Jika ingin memasang tema yang sama di blog barumu maka kamu juga harus membackup dulu template blog kamu tersebut.. Caranya setelah berada di dashboard blog kamu silahkan klik menu Tema lalu tekan tombol Backup / Pulihkan dan tinggal Download tema. Untuk memasangnya ke blog baru maka tinggal masuk ke menu tema dan klik backup/pulihkan lalu tinggal upload file temanya tadi..

Sedangkan untuk memindahkan domain tld kamu caranya sama saja seperti saat pertama kali kamu memarkirkan domain tersebut ke blog kamu... Sebagai penutup, saya sarankan untuk membackup konten mu sesering mungkin, apalagi jika kamu tiap hari menerbitkan postingan di blog tersebut. Minimal seminggu sekali lah untuk membackup blog kesayangan....

0 Response to "Cara Backup Konten (Postingan) Di Blogger.com atau Blogspot"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel