Iklan bawah home

Cara Install CyberPanel Di VPS CentOS (Mudah Banget)


Men in Blog - Untuk menjadikan vps sebagai hosting web atau blog kamu, akan lebih baik kamu install lebih dulu sebuah control panel ke vps tersebut agar kamu dapat dengan mudah dalam memange server vps mu. Dengan menggunakan control panel, kamu tidak akan kesulitan dalam melakukan pengaturan atau konfigurasi server tersebut. Dan menambahkan domain, database, ftp dan lain sebagainya pun dapat dilakukan dengan sangat mudah tanpa kendala apa pun.

Ada beberapa control panel gratisan yang dapat kita install ke vps. Selain #VestaCP, CyberPanel adalah control panel yang gratis dan juga memiliki menu yang sangat lengkap, plus dari segi user interface atau tampilan nya pun sangat enak di pandang dan mudah dimengerti.

Salah satu kelebihan CyberPanel adalah menggunakan web server OpenLiteSpeed.. Dengan web server ini, akses atau loading web/blog akan terasa lebih cepat. Selain itu, OpenLiteSpeed juga dapat compatible dengan mod rewrite .htaccess. Berbeda dengan nginx yang tidak bisa atau tidak support untuk rewrite url dengan htaccess. jadi CyberPanel ini sangat cocok untuk kamu yang terbiasa menggunakan htaccess untuk merubah url atau permalink web kamu.

Kelebihan lainnya dari CyberPanel adalah kita dapat memilih versi php untuk setiap web atau domain yang kita tambahkan ke control panel yang satu ini. Versi php nya pun cukup oke, mulai dari versi 5 hingga 7. Dan yang terpenting adalah untuk meng-install nya ke vps sangatlah mudah sekali. Hanya dengan 1 command line maka CyberPanel pun sudah terinstall ke vps kamu tersebut.

Sebelum meng-install control panel ini ke vps kamu, pastikan OS vps kamu menggunakan CentOS ver. 7.x dan memiliki spek minimal ram 1GB dan disk 10GB, serta support bahasa pemrograman Phyton 2.7. Slow, rata2 semua vps sudah support untuk install CyberPanel ini, baik vps dari #DigitalOcean maupun Vultr.

Oke, kita langsung saja install CyberPanel ini ke vps kamu. Pertama tentu saja kamu harus login ke root vps kamu menggunakan software ssh client seperti PuTTY. Kamu pasti sudah tau dong cara login ke root vps nya?.. Yap, cukup masukkan IP vps kamu dan port 22, terus tinggal masukkan username "root" dan juga password vpsnya. Setelah berhasil login tinggal ketik command dibawah ini dan klik enter.

sh <(curl https://cyberpanel.net/install.sh || wget -O - https://cyberpanel.net/install.sh)


Maka nanti akan muncul beberapa pilihan, seperti berapa jumlah database yang kamu inginkan, 1 atau 2, silahkan pilih dengan tekan angka tersebut di keyboard dan tekan enter, lalu akan ada pilihan lagi yaitu versi database yang kamu inginkan. Silahkan tekan angka sesuai dengan pilihan mu contohnya adalah 1, lalu tekan enter. Dan tinggal tunggu saja proses penginstalan nya selesai, prosesnya lumayan lama jadi silahkan ngopi dulu. Jika sudah selesai maka akan muncul data login ke admin panel CyberPanel mu ini, kurang lebih seperti ini.

Visit: https://IP VPSmu:8090
Username: admin
Password: 1234567

Langsung saja masuk ke admin panel tersebut dan yang pertama harus kamu lakukan adalah mengganti password CyberPanel tersebut, karena password default tersebut sangat mudah ditebak. Cara ubah password nya cukup klik menu User > Modify User lalu pilih Admin dan tinggal masukkan password baru kamu.

Sekarang kamu bisa menambahkan domain untuk web atau blog kamu. Caranya tinggal klik saja menu Website > Create Website, lalu tinggal isikan atau pilih konfigurasi untuk web tersebut. Setelah berhasil menambahkan web baru di CyberPanel tersebut, Langkah selanjutnya adalah mengubah DNS domain tersebut agar terparkir ke CyberPanel. Cukup masuk ke akun dimana domain kamu tersebut berada contohnya adalah di namecheap. Lalu klik Manage pada domain tersebut dan menuju halaman DNS. Buatlah A Record yang mengarah ke IP vps tersebut dan domain pun sudah tersambung..

Terakhir adalah meng-upload script ke web tersebut. Kamu bisa menggunakan FTP client untuk menguploadnya. Sebelumnya kamu harus membuat akun ftp dulu di CyberPanel nya. Cukup klik menu FTP > Create FTP lalu pilih webnya dan buat username dan juga password-nya. Sekarang tinggal login saja menggunakan ftp client dan upload deh script yang kamu diinginkan, contohnya adalah script wordpress.

Atau agar lebih mudah kamu bisa meng-upload script nya langsung di CyberPanel nya. Caranya klik Website > List Website terus klik MANGE pada domain yang ingin kamu install script tersebut, selanjutnya cari menu file manager dan tinggal upload scriptnya ke folder public_html. Gimana? Install Cyberpanel di VPS itu mudah kan? atau justru kamu pusing dengan penjelasan saya? hehehe. Kalo begitu sorry ya, karena saya tidak pandai menulis dan merangkai kata...

2 Responses to "Cara Install CyberPanel Di VPS CentOS (Mudah Banget)"

  1. Untuk yang versi gratis berapa banyak user atau member yang bisa di create gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, kalo itu saya ga tau gan. Soalnya saya ga pernah create user..

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel